Friday 8 April 2011

GAK CUKUP HANYA DENAN KECEPATAN MENGHITUNG

Posted by LORA LORINDA at 3:11 pm
MATEMATIKA

memang identik dengan menghitung. tapi tidak langsung ketika anda bisa menghitung lalu bisa dikategorikan menjadi orang yang pandai matematika. begitulah yang kualami selama kuliah matematika di UNNES.

Kecepatan dalam berhitung tidak serta merta membuat anda pandai dalam matematika. yah, karena ternyata matematika itu luas sekali. selama yang saya pelajari, matematika terbagi menjadi 4 garis besar, yaitu: ALJABAR, GEOMETRI, STATISTIKA, dan ANALISIS.

oke, kita mulai dengan aljabar.
di SMP dan SMA anda sebenarnya pasti sudah pernah mengalami belajar aljabar, tapi aljabar sendiri itu ada yang tersirat dan tersurat. seperti contohnya, ketika SMP anda pasti mempelajari tentang: Operasi bentuk akjabar (tersurat sekali memang belajar aljabar), persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel (naaa, ini juga sebenarnya masuk ke pelajaran aljabar. untuk di tingkat selanjutnya kalian akan mempelajari persamaan dan pertidaksamaan hingga ke tiga variabel atau mungkin lebih), garis dan sudut agak dikit-dikit menggunakan aljabar. untuk selanjutnya bisa kalian klasifikasikan sendiri yang mana bentuk aljabar atau bukan

GEOMETRI
untuk pengertian geometri sendiri dapat dilihat di: GEOMETRI. Ini membahas tentang, pemodelan matematika, seperti, model kubus, model balok, model prisma, dan model-model bangun-bangun primadona di matematika

STATISTIKA
statistika ini banyak berhubungan dengan data, bagaimana cara kita mengolah data, lalu menganalisis datanya. kalau awal-awal si memang agak menyenangkan, tapi kalo udah masuk ke yang namanya uji-uji data (kayak, uji normalitas, uji homogenitas) itu udah pusiiiing. tapi jangan pusing dulu, karena skarang ada software yang sangat membantu dalam pengolahan statistika, yaitu SPSS.

ANALISIS
naaa, ini ni yang butuh penalaran tingkat dewa. susah banget dipahami. sangat abstrak. bagiku.


okey, itu dulu tulisan saya.

0 comments:

Post a Comment

 

MY SELF, ME, AND I Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting