Saturday 3 March 2012

PENGERTIAN BELAJAR

Posted by LORA LORINDA at 8:36 pm
beberapa pakar pendidikan mendefinisikan belajar sebagai berikut:

  1. gagne
belajar adalah perubahan disposisi atau kemampuan yang dicapai seseorang melalui aktifitas. perubahan disposisi tersebut bukan diperoleh secara langsung dari proses pertumbuhan seseorang secara alamiah

2.   travers

belajar adalah proses menghasilkan penyesuaian tingkah laku

3. cronbach

learning is shown by a change in behavior as a result of experience. (belajar adalah perubahan perilaku seebagai hasil dari pengalaman)

4. harold spears

learning is to observe, to read, to imitate, to try something tjemselve, to listen, to follow direction. (dengan kata lain, bahwa belajar adalah mengamati, membaca, meniru, mencoba sesuatu, mendengar dan mengikuti arah tertentu)

5. geoch

learning is change in perfoemance as a result of practice. (belajar adalah perubahan performance sebagai hasil latihan)

6.  morgan

learning is any relatively permanent change in behavior that is a result of past experience. (belajar adalah perubahan perilaku yang bersifat permanen sebagai hasil dari pengalaman)


          belajar dalam idealisme berarti kegiatan psiko-fisik-sosio menuju ke perkembangan pribadi seutuhnya. belajar dianggapnya properti sekolah. kegiatan belajar selalu dikaitkan dengan tugas-tugas sekolah. sebagian besar masyarakat menganggap belajar di sekolah adalah usaha penguasaan materi ilmu pengetahuan. anggapan tersebut tidak seluruhnya salah, sebab seperti dikatakan reber, belajar adalah the process of acquiring knowledge. belajar adalah proses mendapatkan pengetahuan.

          belajar sebagai konsep mendapatkan pengetahuan dalam praktiknya banyak dianut. guru bertingak sebagai pengajar yang berusaha memberikan ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya dan peserta didik giat mengumpulkan atau menerimanya. proses belajar mengajar ini banyak didominasi aktifitas menghafal. peserta didik sudah belajar jika mereka sudah hafal dengan hal-hal yang telah dipelajarinya. sudah barang tentu pengerian belajar seperti ini secara esensial belum memadai. perlu anda pahami, perolehan pengetahuan maupun upaya penambahan pengetahuan hanyalah salah satu bagian kecil dari kegiatan menuju terbentuknya kepribadian seutuhnya.


sumber: suprijono, agus. 2009. cooperative learning. surabaya: pustaka belajar

0 comments:

Post a Comment

 

MY SELF, ME, AND I Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting