Thursday 6 October 2011

METODE PEMBELAJARAN LISTENING TEAM

Posted by LORA LORINDA at 1:08 pm 0 comments
              Pembelajaran dengan metode listening time diawali dengan pemaparan materi pembelajaran dari guru. Selanjutnya guru membagi kelas menjadi kelompok-kelompok. Setiap kelompok mempunyai peran masing-masing. Misal, 40 orang dalam suatu kelas dibagi menjadi 4 kelompok. Kelompok pertama merupakan kelompok penanya, kelompok kedua dan ketiga adalah kelompok penjawab. Kelompok kedua merupakan kumpulan orang yang menjawab berdasarkan perspektif tertentu, sementara kelmpok ketiga adalah kumpulan orang yang menjawab dengan perspektif yang berbeda dengan kelompok kedua. Perbedaan ini diharapkan memunculkan diskusi yang aktif ditandai oleh adanya proses dialektika berpikir, sehingga mereka dapat menemukan pengetahuan struktural. kelompok keempat adalah kelompok yang bertugas me-review dan membuat kesimpulan dari hasil diskusi
            Pembelajaran diakhiri dengan penyampaian berbagai kata kunci atau konsep yang telah dikembangkan oleh peserta didik dalam berdiskusi




sumber: suprijono, agus.2009.cooperative learning.surabaya:pustaka pelajar

METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)

Posted by LORA LORINDA at 12:43 pm 0 comments
               Pembelajaran dengan menggunakan metode Numbered Heads Together diawali dengan Numbering. Guru membagi kelas menjadi kelompok-kelompok kecil. Jumlah kelompok sebaiknya mempertimbangkan jumlah konsep yang dipelajari. Jika jumlah peserta didik dalam satu kelas terdiri dari 40 orang dan terbagi menjadi 5 kelompok berdasarkan jumlah konsep yang dipelajari, maka tiap kelompok terdiri dari 8 orang. Tiap-tiap orang dalam tiap-tiap kelompok diberi nomor 1-8
      Setelah kelompok terbentuk guru mengajukan beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh tiap-tiap kelompok. Berikan kesempatan kepada tiap-tiap kelompok menemukan jawaban. pada kesempatan ini tiap-tiap kelompok menyatukan kepalanya "Heads Together" berdiskusi memikirkan jawaban atas pertanyaan guru.
      Langkah berikutnya adalah guru memanggil peserta didik yang memiliki nomor yang sama dari tiap-tiap kelompok. Mereka diberi kesempatan memberi jawaban atas pertanyaan yang telah diterimanya dari guru. Hal itu dilakukan terus hingga semua peserta didik dengan nomor yang sama dari masing-masing kelompok mendapat giliran memaparkan jawaban atas pertanyaan guru. Berdasarkan jawaban-jawaban itu guru dapat mengembangkan diskusi lebih mendalam, sehingga peserta didik dapat menemukan jawaban pertanyaan itu sebagai pengetahuan yang utuh




suprijono, agus.2009.cooperative learning.surabaya:pustaka pelajar

Tuesday 4 October 2011

FUNGSI LINEAR

Posted by LORA LORINDA at 10:20 pm 0 comments

akhirnya, setelah sekian lama tidak posting, aku muncul dengan file power point untuk kompetensi dasar menerapkan konsep fungsi linear.

untuk materi, saya bagi menjadi dua, yaitu, pertemuan pertama membahas, grafik fungsi linear dan menentukan persamaan garis jika diketahui dua titik, satu titik dan gradien dan jika diketahui grafiknya.
pertemuan kedua akan membahas hubungan dua garis dan invers fungsi linear.

untuk materi pertama silakan didownload di:  fungsi linear (1)

materi kedua: fungsi linear (2)

terima kasih dan semoga bermanfaat
 

MY SELF, ME, AND I Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting