Tuesday, 28 February 2012

HUBUNGAN KONTSTRUKTIVISME DAN KONTEKSTUAL

Posted by LORA LORINDA at 8:48 pm 0 comments
          Mengapa pembelajaran kontekstual? Fondasi utama pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan adalah konstruktivisme. Bertitik tolak pada proposisi-proposisi konstruktivisme berbagai model pembelajaran dikembangkan, yakni model pembelajaran langsung, pembelajaran kooperatif, dan pembelajaran berbasis masalah. Aplikasi model pembelajaran berhubungan erat dengan pendekatan pembelajaran. pendekatan merupakan perspektif mengenai berbagai strategi maupun metode pembelajaran untuk mengaplikasikan model-model pembelajaran. Pendekatan yang cocok untuk pembelajaran berbasis konstruktivisme adalah kontekstual.


            Asumsi penting dari konstruktivisme adalah situated cognition  (kognisi yang ditempatkan). Konsep ini mengacu pada ide bahwa pemikiran selalu ditempatkan atau disituasikan dalam konteks sosial dan fisik, bukan dalam pikiran seseorang. Pengetahuan diletakkan dan dihubungkan dengan konteks dimana pengetahuan tersebut dikembangkan. Cobern menyatakan konstruktivisme bersifat kontekstual. Berdasarkan pemikiran-pemikiran itu, maka pembelajaran harus diciptakan semirip mungkin dengan situasi "dunia nyata". Pembelajaran yang dimaksud adalah pembelajaran kontekstual.


      Proses pembelajaran kontekstual beraksentuasi pada pemrosesan informasi, individualisasi, dan interaksi sosial. Pemrosesan informasi menyatakan bahwa peserta didik mengolah informasi, memonitornya, dan menyusun strategi berkaitan dengan informasi tersebut. inti pemrosesan informasi adalah proses memori dan proses berpikir. Indivudualisasi beraksentuasi pada proses individu membentuk dan menata realitas keunikannya. mengajar dalam hal tersebut adalah upaya membatu individu untuk mengembangkan sesuatu yang produktif dengan lingkungannya dan memandang dirinya sebagai pribadi yang cakap, sehingga mampu memperkaya hubungan antar pribadi dan lebih cakap dalam pemrosesan informasi. Interaksi sosial menekankan pada hubungan individu dengan orang lain atau masyarakat. interaksi sosial memusatkan pada proses dimana kenyataan ditawarkan secara sosial.






sumber: suprijono, agus.2009.cooperative learning.surabaya:pustaka pelajar

Thursday, 23 February 2012

Prinsip umum pekerjaan rumah

Posted by LORA LORINDA at 9:34 pm 0 comments


  1. PR harus bersifat positif. guru perlu menjelaskan manfaat PR bagi peserta didik
  2. PR perlu dirancang guru sebaik-baiknya. pilih yang esensial dan bermakna
  3. PR sebaiknya bersifat diagnostik atau oto-diagnostik, PR yang baik diharapkan mampu memberikan informasi tentang tingkat keberhasilan siswa
  4. PR jangan terlalu banyak. ingatlah bahwa yang ada PR tidak hanya mata pelajaran matematika. hindari kejenuhan peserta didik
  5. Jangan memberi PR yang perlu memakan teknik bari. belajar pada tahap permulaan hendaknya berlangsung di kelas
  6. Dalam memberikan PR, guru perlu memperhatikan perbedaan kemampuan individual peserta didikny
  7. Perlu PR yang melatih skill peserta didik
  8. Peserta didik perlu tahu kebenaran jawabanny. umpan balik yang segera bagi peserta didik sangat diperlukan
  9. Penekanan haruslah pada jawaban yang benar, bukan pada kecepatan penyelesaiannya
  10. Perlu diselipkan berbagai model soal, misalnya soal cerita

sumber: Suyitno, Amin. 2004. dasar-dasar dan proses pembelajaran matematika I. universitas negeri semarang

model pembelajaran RME (realistic mathematics education)

Posted by LORA LORINDA at 9:24 pm 0 comments
          Model pembelajaran ini banyak dipengaruhi oleh pemikiran freudenthal tentang matematika. menurut freudenthal (1991), "mathematics must be connected to reality and mathematics as human activity. RME merupakan model pembelajaran matematika disekolah yang bertitik tolak dari hal-hal yang real bagi kehidupan siswa. siswa harus diberi kesempatan untuk belajar melakukan aktivitas pada semua topik pelajaran matematika. dengan demikian, RME menekankan pada keterampilan process of soing mathematics, berdiskusi, berkolaborasi, berargumentasi, dan mencari simpulan dengan teman sekelas. denga cara ini diharapkan peserta didik dapat menemukan sendiri bentuk penyelesaian suatu soal/masalah yang diberikan kepada mereka. jadi model pembelajaran RME dapat dipandang sebagai model pembelajaran yang dilaksanakan agar kompetensi dasar dapat dicapai dengan cepat melalui proses belajar mandiri dan informal.

Karakteristik MRE:
  1. Penggunaan konteks real sebagai titk tolak belajar matematika
  2. Penggunaan model yang menekankan penyelesaian secara informal sebelum menggunakan cara formal atau menggunakan rumus
  3. Adanya upaya pengaitan sesama topik dalam pelajaran matematika
  4. Penggunaan metode interaktif dalam belajar matematika
  5. Adanya upaya untuk menghargai keberagaman jawaban peserta didik dan kontribusi peserta didik
Implementasi RME di sekolah:
  1. Guru menyiapkan 1 atau 2 soal realistik (ada kaitannya dengan kehidupan seehari-hari) yang akan dikerjakan para peserta didik secara informal atau coba-coba (karena langkah penyelesaian formal untuk menyelesaikan soal tersebut belum diberikan)
  2. Guru mengumpulakn hasil pekerjaan peserta didik
  3. Guru memeriksa hasil pekerjaan peserta didik dengan berprinsip pada penghargaan terhadap keberagaman jawaban peserta didik dan kontribusi peserta didik
  4. Guru menyuruh beberapa peserta didik untuk menjelaskan temuannya di depan kelas
  5. Dengan tanya jawab, guru dapat mungkin perlu mengulang jawaban siswa (tidak harus, terutama jika ada pembiasaan konsep)
  6. Setelah itu, guru baru menunjukkan langkah formal yang diperlukan untuk menyelesaikan soal tersebut. bisa didahului dengan penjelasan tentang materi pendukungnya

sumber: Suyitno, Amin. 2004. dasar-dasar dan proses pembelajaran matematika I. universitas negeri semarang

pangkal, aksioma, definisi, dan teorema

Posted by LORA LORINDA at 10:43 am 0 comments
          Menurut Herman Hudoyo (1988: 77), "pada hakikatnya landasan berpikir matematik itu merupakan kesepakatan-kesepakatan yang disebut aksioma."

          Menurut eksiklopedia matematika tulisan St. negoro dan B. Harshap (1988:23), "aksioma adalah suatu pernyataan yang diterima sebagai kebenaran tanpa memerlukan bukti"

          Sedangkan R. Soedjadi (1994: 42) menuliskan bahwa "aksioma atau pernyataan pangkal adalah pernyataan yang kita sepakati kebenarannya."

          Menurut R. Soedjadi (1994: 5), agar suatu kumpulan aksioma dapat merupakan suatu sisten diperlukan syarat-syarat yang penting. syarat-syarat yang penting itu adalah (1) konsiste (taat asas), (2) independen, (3) lengkap, dan (4) ekonomis,



DEFINISI
menurut R. Soedjadi (1993: 7), definisi adalah ungkapan untuk membatasi suatu konsep.
macam-macam definisi:
  1. definisi analitik
  2. definisi genetik
  3. definisi dalam bentuk rumus
1.  definisi analitik adalah deginisi yang menyebutkan genus prosimum  (keluarga terdekat) dan diferensia spesikika (perbedaan spesifik).
contoh:
a)  persegi adalah persegi panyang yang semua sisinya sama     panjang
                 dalam hal ini, genus proksimum-nya adalah persegi  panjang dan diferensia spesifika-nya adalah semua sisinya sama panjang
b)  persegipanjang adalah jajargenjang yang salah satu sudutnya siku-siku

2.  definisi genetik adalah definisi yang menunjukkan terjadinya konsep itu
contoh:
a)  jaring-jaring limas adalah bangun yang terjadi bila suatu limas dipotong menurut rusuk-rusuk tegaknya dan bidang-bidang sisi tegaknya direbahkan ke arah luar sampai ke bidang yang memuat bidang alasnya
b)  trapesium adalah segiempat yang terjadi jika sebuah segitiga dipotong oleh sebuah garis yang sejajar dengan salah satu sisi segitiga tersebut.

3.  definisi dalam bentuk rumus, adalah definisi yang dinyatakan dengan notasi-notasi matematik; jadi langsung menunjukkan rumus
contoh: definisi n faktorial yang langsung ditulis n! =(n-1)!


TEOREMA
          teorema atau sifat adalah salah satu perwujudakn dari objek matematika yang disebut prinsip. teorema ini harus dapat dibuktikan dengan aksioma-aksioma, definisi-definisi atau teorema-teorema yang medahuluinya

kadang-kadang, untuk membuktikan suatu teorema tertentu diperlukan suatu "teorema kecil" yang khusus dibutuhkan untuk membuktikan teorema tersebut. teorema kebil yang dipakai secara khusu ini sering disebut sebagai lemma. 


jadi lemma adalah suatu teorema (yang juga harus dibuktikan kebenarannya) yang dibutuhkan khusus untuk membuktikan suatu teorema tertentu. 

korolari adalah suatu teorema yang muncul sebagai akibat dari teorema sebelumnya. bobot teorema ini sama dengan bobot teorema yang mendahuluinya.




sumber: Suyitno, Amin. 2004. dasar-dasar dan proses pembelajaran matematika I. universitas negeri semarang

Wednesday, 15 February 2012

bukti C tegak lurus bidang BDG

Posted by LORA LORINDA at 8:32 pm 0 comments





Jarak titik C ke bidang BDG = CS
Akan dibuktikan CS ^ BDG
Karena CS Î CE, maka CE ^ BDG = CS ^ BDG
·       BD ^ AC (ABCD persegi)
BD ^ AE  (AE ^ ABCD)
Karena AC dan AE berpotongan di bidang ACGE, BD Î ACGE
Maka BD ^ ACGE
Jadi, BD ^ CE
·       DG ^ HC (DCGH persegi)
DG ^ BC (BC ^ DCGH)
Karena HC dan BC berpotongan di bidang BCHE, CE Î BCHE
Maka, DG ^ BCHE
Jadi, DG ^ CE
·       Karena BD ^ CE, DG ^ CE dan CS Î CE, maka CE ^ BDG
Jadi, CS ^ BDG






-       Lihat DRSC dan DQLE
RC = QE (Q dan R titik tengah)
ÐRSC = ÐQLE (luar berseberangan, SR // GR
ÐRCS = ÐQEL (dalam berseberangan, AC // EG
Jadi, DRSC @ DQLE (s, sd, sd)
Akibatnya RS = LQ
-       Lihat DALC dan DRSC
AL // RS
CS : CL = AR : RC = 1: 2
CK = ½ CL Þ CS = SL
-       CS = SL = LE = 1/3 CE

Thursday, 19 January 2012

KETIKA PESIMISTIS HADIR DALAM SEBUAH KEYAKINAN

Posted by LORA LORINDA at 12:30 pm 0 comments
               kesepakatan telah dibuat oleh beberapa orang, sudah ditetapkan interval tanggal sekian sampai sekian harap dikosongkan jadwal dari agenda apa pun. yah walaupun kejadian tak terduga seringkali muncul tak diharapkan. setidaknya jadwal sudah dibuat jauh-jauh hari sebelumnya. 

                  lalu, tinggal menunggu hari, sampai hari H muncul, entah apa yang akan terjadi beberapa hari ke depan, tidak ada pemberitahuankah, yang berarti rencana hampir pasti terlaksana, atau tiba-tiba SMS datang mengabarkan gak bisa ada pada waktu yang telah dijanjikan.
          
                    aku tidak bisa dan tidak punya kuasa untuk memaksa datang dan ikut rencana. tapi kecewa pasti, dan akhirnya menurut kejadian yang sudah-sudah, jika satu saja dari kami berhalangan hadir, maka dua, tiga, empat, akan menyusul dan akhirnya. batal. 

                 itulah kenapa aku malas berharap. sudah sering saya katakan bahwa ketika suatu pengharapan itu ada padaku, maka kenyataan akan terjadi sebaliknya. dan itu menyakitkan. melihat, mendengar, dan merasa kan kenyataan yang tidak diharapkan terjadi itu lebih miris rasanya dibandingkan hanya membayangkan.

                    dan alasan kenapa aku tidak mau berfikir terlalu jauh mengenai masa depan karena itu. aku terlalu takut berharap lalu kecewa. apa yang ada didepanku, itulah yang harus kudahulukan daripada yang lain. urusan akibat dari apa yang telah aku lakukan itu bisa dihadapai di level selanjutnya. 

                  lalu, bagaimana tanggapan orang mengenai pandanganku ini? ada yang menganggap berlebihan atau terlalu muluk, atau mungkin terlalu pesimistis. tapi biarlah. yang merasakan aku, bukan dia, mereka atau anda. jadi biarkan aku berfikir pendek untuk hal-hal tertentu.




LRLRND

Sunday, 6 November 2011

ketika perpisahan itu datang

Posted by LORA LORINDA at 9:51 pm 3 comments
                    ada yang bilang, tak perlu menyesali perpisahan, yang perlu di sesali adalah pertemuan. tapi menurutku, untuk apa pertemuan ada toh kalau akan ada yang namanya perpisahan. dan aku sadar, walaupun di pertengahan pertemuan dan perpisahan selalu ada yang namanaya proses, entah itu hasilnya baik atau tidak, yang dicentang disini adalah perpisahan.

                    dan aku baru mengalami yang namanya perpisahan. perpisahan dengan teman PPL yang kurang dari 3 bulan ini aku kenal. entah karena sugesti atau ini memang benar kenyataannya, tapi aku merasa, sudah begitu dekat dengan teman-teman PPL ku. biasanya, ketika aku berkspektasi lebih terhadap sesuatu, maka kenyataan akan kontradiksi. dan aku gak mau ini terjadi padaku untuk hal teman-teman PPL.

                  baru saja aku 6 hari KKN di desa Gegerkunci Kecamatan Songgom, tapi sudah berasa bosan sekali. berbeda dengan 3 bulan di sukorejo, gak bosan. aku gak tau kenapa, entah faktor teman-temannya ataukan faktor lokasi atau faktor dari diriku sendiri yang susah beradaptasi dengan sosialitas yang baru, tapi satu yang jelas. AKU RINDU TEMAN-TEMAN PPL KU. entah yang aku rindukan "kebersamaannya" atau kah individunya. aku tak tahu.




                  aku rindu, ketika kita bersama-sama menyiapkan hidangan berbuka puasa, walaupun aku hanya bisa melihat tanpa melakukan apapun

                  aku rindu, ketika kita berbuka puasa bersama-sama,

                  aku rindu, ketika kita bersiap-siap sahur bersama, yang ketika aku bangun, makanan sudah siap,

                   aku rindu berbelanja bersama hanny di toko sayur yang bersebelahan, yang kadang membuat bingung, jangan sampai membuat iri ibu toko satu sama lain. Belanja sambil bingung, "ini temen-temen mau gak makan kalo lauknya ini?"

                  aku rindu ketika aku setiap pagi dibangunkan dari SIRO untuk mandi, padahal dia sudah masuk kamar  mandi, dan yang aku heran, kenapa dia gak mandi sekalian???

                  aku rindu ketika kita saling salip masuk kamar mandi hanya untuk "pup" lalu keluar tanpa mandi, dan itu kadang menyebabkan konflik tanpa suara,

                  aku rindu ketika kita akan berangkat ke sekolah bersama-sama, saling menunggu satu sama lain,

                  aku rindu, ketika kita di sekolah saling berkomentar satu sama lain status masing-masing dari kita atau foto ajaib yang diedit dari Ahmad Yasin

                  aku rindu ketika kita pulang bersama, melalui tanjakan, kantor polisi, pertigaan, kantor kesatuan TNI, fotocopian, dan warung-warung kecil lainnya

                  aku rindu ketika kita, dalam keadaan letih tidur siang bersama, melepas lelah bersama, lalu kembali "menge-cup" kamar mandi,

                  aku rindu ketika kita bersiap-siap untuk makan malam di kost cowok, saling "mengoprak" satu sama lain, ada yang sudah lapar, ada yang memang membatasi jam makan malamnya,

                 aku rindu ketika kita makan malam bersama di kost cowok, bercanda, dan tertawa bersama,

                 aku rindu ketika kita membuat tugas bersama, dan yang paling santai pertamanya aku, dan ketika PPL akan berakhir aku pula yang paling sibuk, tidur hanya 3 - 4 jam. lembur membuat RPP

                 aku rindu ketika kita saling membangunkan tengah malam untuk membuat tugas, baik itu RPP, jobsheet, chart,  silabus, ataupun media pembelajaran lainnya,

                 aku rindu ketika kita saling mencela satu sama lain,

                 aku rindu ketika kita saling membicarakan keanehan tingkah guru-guru, murid-murid, ataupun salah satu dari kami

                aku rindu ketika kita menganalisa bersama-sama sifat-sifat dari teman-teman laki-laki PPL. ssssttttt, ini sebenarnya rahasia.

                aku rindu ketika kita akan jalan-jalan bersama, pemberitahuan waktu yang mendadak, tak terencana, dan ternyata punya kesan mendalam. karena biasanya kalau sudah direncanakan jauh-jauh hari pasti batal.

                aku rindu ketika kita bersama-sama menyelesaikan laporan PPL 1 yang acak kadut carut marut tak karuan karena kebanyakan menggunakan fasilitas internet gratis dari sekolah

                aku rindu saat-saat mencicipi masakan dari koki andalan kita CHEF SIRO dan CHEF ZULFA.
               aku rindu, panggilan LORAAAAAAAA, aku udaahhh, mandinya maksudnya. tapi hal ini jarang dilakukan, karena pada umumnya aku mandi lebih awal dari mereka. 

              
               aku rindu tingkah polah teman-teman saat berpoto bersama, ada yang miring, ada yang senyum sampai giginya kering, ada yang berpose merengut tak mau senyum, ada yang foto sok gagah,

               aku rindu pemikiran-pemikiran yang kadang konyol, pemikiran-pemikiran realistis, pemikiran-pemikiran yang membuatku "waw" membuka pemikiran selama ini yang kolot, kuno dan sempit,


             aku rindu bekerja bersama mereka, merangkai acara perpisahan bersama, gladi resik bersama mereka.


                bahkan pada saat pesantren kilat, ada yang meminta pulang lebih awal, karena duingin puwol, pada saat itu, siwit gak tahan dingin, jadi aku maju minta izin dengan Ibu siapa aku lupa namanya, dan kau tau apa yang dikatakan ibu itu? "loh, kan yang minta datang kesini kan kalian, jadi ya kalian harus mengikuti ini sampai selesai. jadilah kami disitu sampai jam 4 pagi, pulang bersama-sama. 
malamnya, ternyata banyak yang teriak-teriak gak jelas, ada yang bilang kesurupan, ada yang bilang terlalu capek. usut punya usut, ternyata sebelumnya mereka latihan paskibraka, jadi terlalu letih. 


                lalu ketika lebaran sudah dekat, ribut mulai libur kapan, dan yang ternyata aku yang pulang lebih cepat dan lebih lama. gegerlah mereka ketika aku dapat izin pulang lebih cepat. 


                tertawa bersama, ketika di curug sewu, tempat pertama yang didatangi ber-15, lalu ke plantungan, ber-14 karena di tengah perjalanan edi pulang, katanya si sakit perut. sampai yosie terpeleset diantara batu-batu, sampai yosie merengut ketika kami foto bersama minus yosie, lalu ke rumah salah satu guru Pak Puji yang setelahnya ada rencana mau ke rumah Ari, tapi gak jadi karena alasan pertama: siwit dan zulfa yang tiba-tiba (eh bukan tiba-tiba ding, sudah dirasa sejak di sekolah) sakit, lalu kami memutuskan untuk pulang saja. eeee, baru keluar dari gang, tak dinyana motor indra bocor, mencari tambal ban lah kami sesudah itu. dan hal yang tidak terduga terjadi, Ari mau menukar motornya dengan motor indra yang bocor. jadi, indra pulang membawa motor Ari, dan Ari yang menunggu motor indra lalu pulang dengan motor indra. saat itu kami semua terpukau dengan kebaikan Ari.


             setelah itu, tidak ada tempat yang kami kunjungi lagi bersama. sangat susah untuk mengumpulkan kami ber-15. susah sekali.


               oh sungguh, aku benar-benar merindukan saat-saat itu. :'( 

               banyak hal yang mengingatkan aku dengan kalian. lagu, dari mulai pacarku memang dekat, alun-alun nganjuk, dimana-dimana, trus yang lagunya ussy dengan andika, dan kalau aku lagi liat OVJ menyanyikan kite lagi, ingatanku langsung melayang ke PPL.

               aku rindu saat-saat kebersamaan kita
             
           dan aku tau, itu tak akan terulang kembali, tak akan. kapanpun waktunya. tak ada moment special yang dapat terulang untuk kedua kalinya.
             
             edi, terima kasih untuk semua supportnya, terima kasih sudah mau baik terhadapku. dan aku ingat, teman PPL yang pertama kali meng-add akun facebook ku itu kamu. terima kasih. 

           slamet, terima kasih sudah mau membonceng aku yang tidak ringan ini. terima kasih sudah mensupport saya ketika saya kesusahan, sudah mau datang, bernegosiasi walaupun gagal. heheheeh.. big thanks for you. kamu boleh males met, tapi malas yang tidak merugikan orang lain

                      fikri, terima kasih atas boncengannya, aku gak bisa berkata apa-apa untuk hal yang satu ini. maaf kalau selama ini ada kata-kataku yang tidak baik, maaf kalau aku tidak bisa jadi partner yang baik. maaf sekali lagi

              dedi, terima kasih telah menjadi teman yang unik, teman yang tidak mampu saya raba seperti apa karakteristik kamu. 

               ahmad yasin, terima kasih telah menjadi ketua yang baik, telah mampu menjadi teman, abang buat saya yang labil ini. terima kasih atas petuah-petuah yang sebenarnya tidak penting. hahahahah. terima kasih telah membuka cakrawala pengetahuan saya yang sempit sedikit dan dangkal ini. oh ya maaf, saya telah menjatuhkan motor anda, sungguh saya tidak bermaksud demikian. pertama bertemu, sungguh saya tidak bisa membedakan kamu dan slamet. agak mirip si

               terima kasih indra. gak gampang menjadi kamu yang mau membonceng saya ketika pertama bertemu. terima kasih sekali lagi kalau saya merepotkan anda waktu itu. maaf kalau motor anda waktu itu tidak kuat. jangan salahkan saya, salahkan saja jalannya yang naik turun. terima kasih juga untuk pinjaman motornya selama PPL berlangsung, maaf kalau saya tidak pernah mencuci motor anda. maaf yaaaa..

            utami, jangan suka emosi tingkat tinggi ya. lebih belajar memahami orang lain. tahan emosi kamu, jadikan itu pembelajaran. lebih mudah memahami diri sendiri daripada meminta orang lain untuk memahami diri kita

             arfina yosie puspaningrum, terima kasih mau menjadi teman seranjang saya, yang tidurnya suka gerak-gerak, yang ngorok, yang kalau ngomong suka tidak tedeng aling-aling. maaf telah menjatuhkanmu ketika pesantren kilat. sungguh saya tidak bermaksud demikian. tetaplah jadi yosie yang easy going, ramah, dan cepat melupakan kesalahan orang lain.

                hanny erlani, terima kasih sudah mau menjadi teman saya, lain kali kita liat foto-foto lagi ya, tertawa bersama mengenang lucunya masa PPL, yang tidak akan terulang lagi. tapi ingat ,jangan terlalu terikat dengan perasaan itu, diluar sana masih banyak manusia-manusia unik yang lebih lucu dan lebih baik dari saya. :)

                  zulfa setianingsih, harus bisa memanajemen diri ya zul. gak setiap orang bisa memahami. walaupun kadang saya tau, manusia ada kalanya sensitif tinggi adakalanya cuek tingkat dewa, berusahalah untuk menjadi diri sendiri. bukan karena sekarang ini kamu tidak menjadi diri sendiri, tapi berusahalah untuk menjadi diri sendiri.

                 siti widayati, terima kasih untuk segalanya. terima kasih juga kamu mau menjemputku ketika kita janjian di tempatmu untuk pertama kali, padalah waktu itu kita belum kenal. kamu baik, sangat baik malah. lucu. hahahaha

               siti rohyati, siroooooooowwwwwwww, pertama kali dengar nama kamu lucu. selucu orangnya. hahahahah, kamu baik baik baik. kamu selalu berbicara apa adanya, sesuai kenyataan.

                mukhamad riza amalia, orang yang membuat saya tidak pernah bosan ketika membaca statusnya, dari sekian banyak teman saya di situs pertemanan itu, baru kamu yang mempunyai gaya menulis yang menurut saya "waw". jangan selalu menyimpan kesedihan untuk diri kamu sendiri. jika kamu tidak sanggup untuk menanggung, ceritakanlah. jangan selalu sombong dijadikan andalan untuk menumbuhkan rasa percaya diri. kamu punya kemampuan dan kelebihan. terima kasih telah membawakan koper saya dari sukorejo sampai rumah. terima kasih atas support kamu, maaf waktu itu saya tahu kalau kamu lapar, tapi keadaan membuat saya tidak sadar kalau kamu butuh makanan. maaf,

               ari setiawan, terima kasih support kamu. aku ingat ketika aku sudah putus asa ketika akan pulang ke semarang dalam rangka lebaran. begitu lihai kamu me-manage agar aku dan koperku ikut terbawa. ada kalanya keramahan malah menjadi kekurangan diri. bersikaplah lebih tegas, dan mantab. selalu hargai orang, sekecil apapun orang yang kau hadapi. selamat berjuang

pada intinya, aku sayang kalian semua teman-teman. semua,

selamat berjuang teman-teman, di waktu ke depan, semoga kita akan menjadi seperti apa yang kita inginkan yang terbaik untuk kita semua


           
 

MY SELF, ME, AND I Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting